Pendidikan Kewirausahaan di Indonesia: Perspektif Nilai-Nilai Islam
Abstract
Industri berbasis syariah telah menunjukkan perkembangan yang pesat karena semakin banyak negara yang terlibat. Namun demikian, meskipun Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, posisinya sebagai produsen produk halal dunia menempati urutan ke ke-10. Di samping itu index kewirausahaan Indonesia juga masih rendah. Pendidikan kewirausahaan perlu diperhatikan untuk meraih peluang usaha industri berbasis syariah. Untuk itu perlu dibangun sumber daya manusia wirausaha yang taat syariah. Makalah ini bermaksud mengidentifikasi nilai-nilai Islam yang dapat diterapkan dalam materi kewirausahaan Islam agar dapat digunakan pada pengajaran di sekolah maupun perguruan tinggi. Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif, dengan melakukan kajian pustaka. Penulis menawarkan nilai-nilai Islam dalam bisnis dan kewirausahaan yang meliputi landasan, proses kewirausahaan, manajemen bisnis, keuntungan dan dampak sosial.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.