Strategi Pengembangan Human Capital Halal di Pulau Madura : Pendekatan Interpretative Structural Modeling

  • Abdul Shomat Sugianto Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura
  • Dzikrulloh Dzikrulloh Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Human capital halal merupakan pendorong utama terhadap kemakmuran dan produktivitas ekonomi yang dapat dikembangkan melalui pendidikan, kesehatan dan infrastuktur sosial. Pulau Madura dengan mayoritas Muslim yang besar seharusnya mampu untuk memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki untuk mencapai  daerah  yang  maju. Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan dan menemukan  aktor  dalam  pengembangan Human  capital  halal di  pulau Madura. Penelitian ini mengidentifikasi 5 elemen yakni kebutuhan, kendala, tujuan pengembangan, kegiatan,dan aktor kunci serta masing-masing terdiri 7 kriteria sub elemen. Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Interpretative Structural Modelling, menggunakan data sekunder yang didapat dari kajian literatur dan data primer didapat dari hasil wawancara berupa pengisian kuesioner dengan model Structural self interaction matrix oleh responden ahli di Kementerian Agama se Pulau Madura. Hasil penelitian  ini  digambarkan  dengan  kuadran  dan  level yang menghasilkan peningkatan  infrastuktur menjadi   kebutuhan,   kendala   yang   dihadapi   adalah   tingkat   literasi   yang   rendah,   tercapainya kesejahteraan  masyarakat  dan  perkembangan  industri  syariah  menjadi  tujuan  pengembangan  human capital halal dan kegiatan yang dilakukan berupa peningkatan kurikulum berbasis potensi daerah serta Pemerintahan Daerah menjadi aktor kunci dalam pengembangan human capital halal di pulau Madura.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
SUGIANTO, Abdul Shomat; DZIKRULLOH, Dzikrulloh. Strategi Pengembangan Human Capital Halal di Pulau Madura : Pendekatan Interpretative Structural Modeling. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 115-127, july 2024. ISSN 2807-1506. Available at: <https://joieb.perbanas.id/index.php/Joieb/article/view/281>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.56174/pjieb.v4i2.281.