Pengaruh Religiusitas, Transaksi Murabahah dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Dosen UNU Sumatera Barat)

  • iim imtihan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Religiusitas, Transaksi Murabahah dan Emosional terhadap Keputusan menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Dosen UNU Sumatera Barat). Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif yang melihat pengaruh antara variabel dalam penelitian. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dosen UNU Sumatera Barat dalam menggunakan jasa perbankan syariah; (2) Transaksi Murabahah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan dosen UNU Sumatera Barat dalam menggunakan jasa perbankan syariah; (3) Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dosen UNU Sumatera Barat dalam menggunakan jasa perbankan syariah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-01
How to Cite
IMTIHAN, iim. Pengaruh Religiusitas, Transaksi Murabahah dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Dosen UNU Sumatera Barat). Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 91-100, feb. 2022. ISSN 2807-1506. Available at: <https://joieb.perbanas.id/index.php/Joieb/article/view/29>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.56174/pjieb.v2i1.29.
Abstract View: 86 PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 135