Pengaruh Paylater dan Live Streaming Shopee Terhadap Impulse Buying dalam Perspektif Islam
Abstract
Kemajuan teknologi internet saat ini membuat sistem belanja online pun menjadi hal yang instan dan sangat diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Paylater dan Live Streaming terhadap Impulse Buying pada generasi Z pengguna Shopee, dalam perspektif Islam. Kebaruan penelitian ini terletak pada analisis integratif antara fitur-fitur modern e-commerce dengan prinsip-prinsip Islam dalam konteks perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan teknik pengambilan sampel non-probability. Sampel dianalisis dengan uji regresilinier berganda. Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa variabel Paylater berpengaruh positif signifikan dan variabel Live Streaming juga berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying. Adapun hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel Paylater dan Live Streaming berpengaruh positif terhadap Impulse Buying. Studi ini mengindikasikan bahwa kemudahan transaksi melalui fasilitas Paylater dan promosi melalui live shopping merupakan strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan di online shopping. Namun demikian, hal ini turut meningkatkan perilaku konsumtif yang tidak dianjurkan Islam. Implikasi dari penelitian ini mencakup rekomendasi bagi pengambil kebijakan dan pelaku bisnis untuk mengintegrasikan inovasi teknologi dengan nilai-nilai etika Islam guna mengurangi dampak negatif Impulse Buying.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.