Strategi Pengembangan Teknososiopreneurship dalam Industri Pariwisata Halal di Era Revolusi Industri 4.0: Pendekatan Fenomenologi pada Halal Travel Agency

  • Menur Kusumaningtyas Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidaorjo
  • Fitri Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Sidaorjo

Abstract

Dalam era revolusi industri 4.0, pengembangan Halal Travel Agency menjadi penting sebagai respon terhadap perubahan teknologi dan kebutuhan konsumen.  Tulisan ini  bertujuan  untuk  mengeksplorasi strategi pengembangan Halal Travel Agency menuju konsep teknososiopreneurship dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Bisnis Halal Travel Agency mengalami dampak signifikan dari perubahan industri, terutama dalam hal digitalisasi dan konsep teknososiopreneurship. Mengubah mindset korporat menjadi krusial dalam menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan strategi yang konkret dan berbasis bukti untuk mengubah mindsetkorporat Halal Travel Agency dalam menyambut revolusi industri 4.0, dengan fokus pada promosidan edukasi yang lebih intensif mengenai konsep Halal Travel serta analisis kesenjangan dalam pola pengelolaan perusahaan.  Penelitian ini menggunakan  pendekatan  fenomenologi  dengan  mengekplorasi  dan  memahami  makna  yang  oleh sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi yang diusulkan meliputi penekanan pada promosi dan edukasi yang lebih gencar tentang konsep Halal Travel, serta analisis kesenjangan dari pola pengelolaan perusahaan. Langkah-langkah konkret termasuk pemahaman konsep Halal Travel, persiapan sumber daya, edukasi, implementasi  sistem  baru,  kolaborasi  dengan  komunitas  sejenis,  dan  modernisasi  dalam  konteks religiusitas dan esensi bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
KUSUMANINGTYAS, Menur; LATIFAH, Fitri Nur. Strategi Pengembangan Teknososiopreneurship dalam Industri Pariwisata Halal di Era Revolusi Industri 4.0: Pendekatan Fenomenologi pada Halal Travel Agency. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 141-151, july 2024. ISSN 2807-1506. Available at: <https://joieb.perbanas.id/index.php/Joieb/article/view/255>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.56174/pjieb.v4i2.255.